Kelompok :D

Kelompok :D
Fadil, Dewi, Intan, Vipit

Contoh Kasus-Kasus Cyberlaw dan Cyber Crime

Asalamualaikum sobat blogger semua, hari ini saya ingin memberikan contoh dari kasus-kasus Cyberlaw dan Cybercrime, langsung aja contohnya:

A. Cyberlaw:

  • "Pelanggaran Hak Cipta (Copy Right)" yang dilakukan oleh situs unduh film seperti Ganool.com adalah salah satu kasus cyberlaw, dimana pada situs tersebut para pengguna internet dapat dengan mudah mendownload konten film yang telah dilindungi oleh Undang-undang Hak Cipta.
  • "Pencemaran Nama Baik". Pada pertengahan tahun 2008 silam, terdapat sebuah kasus yang menimpa seorang ibu rumah tangga bernama Prita Mulyasari. Pada akun facebooknya dan didalam sebuah milis detik.com Prita mengungkapkan keluhannya mengenai pelayanan Rumah Sakit OMNI. dalam kasus tersebut, prita divonis terbukti melanggar Pasal 27 ayat 3 UU No.11 thn 2008 tentang informasi dan transaksi elektronik. dan isi lengkap dari milis dapat dilihat DISINI
B.Cybercrime:
  • "Offense Against Intellectual Property".  Pada bulan September 2013 kemarin, aplikasi Blackberry Messenger(BBM) rencananya rilis untuk perangkat berbasis Android dan Iphone, namun untuk perangkat Android aplikasi tersebut ditarik kembali, dikarenakan bermunculan program BBM Bajakan.
  • "Data Forgery". Pada tahun 2001, internet banking diributkan oleh kasus pembobolan internet banking milik bank BCA, Kasus tersebut dilakukan oleh seorang mantan mahasiswa ITB Bandung dan juga merupakan salah satu karyawan media online (satunet.com) yang bernama Steven Haryanto. Anehnya Steven ini bukan Insinyur Elektro ataupun Informatika, melainkan Insinyur Kimia. Ide ini timbul ketika Steven juga pernah salah mengetikkan alamat website. Kemudian dia membeli domain-domain internet dengan harga sekitar US$20 yang menggunakan nama dengan kemungkinan orang-orang salah mengetikkan dan tampilan yang sama persis dengan situs internet banking BCA. Kemudian dia membeli domain-domain internet dengan harga sekitar US$20 yang menggunakan nama dengan kemungkinan orang-orang salah mengetikkan dan tampilan yang sama persis dengan situs internet banking BCA, www.klikbca.com , seperti:
    • wwwklikbca.com
    • kilkbca.com
    • clikbca.com
    • klickbca.com
    • klikbac.com
Orang tidak akan sadar bahwa dirinya telah menggunakan situs aspal tersebut karena tampilan yang disajikan serupa dengan situs aslinya. Hacker tersebut mampu mendapatkan User ID dan password dari pengguna yang memasuki sutis aspal tersebut, namun hacker tersebut tidak bermaksud melakukan tindakan criminal seperti mencuri dana nasabah, hal ini murni dilakukan atas- keingintahuannya mengenai seberapa banyak orang yang tidak sadar menggunakan situs klikbca.com, Sekaligus menguji tingkat keamanan dari situs milik BCA tersebut.

Post a Comment