Kelompok :D

Kelompok :D
Fadil, Dewi, Intan, Vipit

UWB (ULTRA WIDE BAND)

Pada awalnya komputer digunakan layaknya menghitung, karena kata komputer sendiri berasal dari kata to compute yaitu untuk menghitung. Seiring waktu pun teknologi komputer yang dikembangkan bukan hanya sekedar mesin penghitung tapi juga mesin yang dapat memproses data. Data yang awalnya berjumlah kecil dan algoritma yang sederhana, perlahan semakin besar dan kompleks. Melihat perkembangan itu, jika disadari setiap masa waktu, memiliki trend perkembangan teknologi komputer yang berbeda sesuai dengan keadaan masa jaman saat itu. Hal tersebut dikarenakan kemampuan teknologi komputer yang berbeda-beda pula. Dari Segi Teknologi jaringan misalnya yang mampu memberikan terobosan baru dengan menciptakan teknologi Sistem komunikasi UWB (Ultra Wide Band)
  • Apa Yang Dimaksud Dengan UWB?

UWB (Ultra Wide Band)adalah sistem komunikasi jarak pendek yang mempunyai BW yang sangat lebar, agar dapat dikategorikan sebagai komunikasi UWB  syarat lebar BW fraksionalnya 20 % dari Frekuensi Tengahnya. UWB (Ultra Wideband) merupakan sebuah platform frekuensi radio (radio frequency platform) yang dapat digunakan oleh personal area network untuk berkomunikasi secara wireless dalam jarak pendek namun dengan kecepatan tinggi. UWB sangat cocok digunakan untuk multimedia streaming pada lingkungan wireless di rumah atau kantor.
Perkembangan interoperability di antara berbagai macam perangkat seperti digital camcorder, PDA, handphone, MP3 player dan DVD player portabel, HDTV dan juga komputer, membuat teknologi berbasis kabel (wired) tidak lagi praktis digunakan. Teknologi wireless seperti Bluetooth mungkin akan membebaskan pengguna dari penggunaan kabel, namun sayangnya transmisi data berjalan lambat.
Idealnya, seorang pengguna dapat mengirimkan data secara wireless dari satu perangkat ke perangkat lainnya pada kecepatan transfer yang sama atau lebih baik dari koneksi Internet berkecepatan tinggi (high-speed Internet connection). UWB menambahkan teknologi WiFi dan juga WiMax yang telah ada untuk dapat menghadirkan kemampuan ini.
Sementara teknologi wireless lainnya menggunakan gelombang radio untuk menyediakan transmisi yang berkelanjutan pada frekuensi tertentu, UWB menggunakan teknologi yang berbeda. UWB memancarkan semburan begitu banyak RF (Radio Frequency), di mana radiasinya terpancar secara wide band, mentransmisikan melalui begitu banyak frekuensi secara simultan. Hal inilah yang memungkinkan kecepatan transfer data yang sangat tinggi. UWB ini beroperasi pada frekuensi 3.1 GHz 10.6 GHz untuk indoor dan memiliki bandwith transmisi lebih besar dari 500 MHz.
 .
Selain itu, Teknologi UWB ini juga bisa diaplikasikan untuk membantu orang buta menemuka lokasi dengan bantuan ponsel android dan teknologi ini sementara dikembangkan oleh National Institute of Information and Communications Technology (NICT) dan Fujitsu. Dengan bantuan sensor yang menggunakan UWB (Ultra Wide Band), teknologi ini nantinya bisa memberi petunjuk kepada orang (khususnya orang buta) untuk memudahkan dalam menemukan sebuah lokasi, misalnya pintu keluar, WC dan lainnya.
Teknologi ini menjanjinkan akurasi dengan tingkat kesalahan hanya sekitar 30 cm, beda bila anda memaksakan menggunakan GPS, maka bila posisinya terlihat di lobi padahal anda ada di WC. Ke depannya, teknologi ini juga bisa digunakan untuk umum seperti di sebuah musium, perpustakaan dan lainnya.

Sumber : 

Post a Comment